Perkembangan Sepak Bola

Perkembangan Sepak Bola dari Masa ke Masa

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Sepak bola juga menjadi olahraga yang paling di minati dan di sukai oleh masyarakat mancan negara.
Jauh sebelum di kenal seperti saat ini, permainan sepak bola pada awalnya perkembangannya ternyata sangat berbeda. Aturan-aturannya kemudian berkembang dari masa ke masa hingga menjadi saat ini yang sangat di minati oleh seluruh penjuru dunia.

Sejarah Sepak Bola

Dilansir dari buku bahan ajaran sepak bola. Sejarah awalnya sepak bola terjadi pada era tahun 1122-247 sebelum masehi di Cina. Saat itu, permainan ini dikenal dengan Tsu-Chiu. Tsu bererti kaki, Chiu berarti bola.

Hal ini dibuktikan dari buku-buku yang di tinggalkan tentara Cina. Dalam buku itu terdapat gambar gambar orang seperti sedang bermain sepak bola. Saat itu pertandingan sepak bola itu di mainkan dua regu yang masing masing regu terdiri dari puluhan orang.

Selain Cina banyak juga sejarah yang menyebutkan sepak bola berasal dari negara lain, seperti dari Inggris, Jepang, Mesir, Romawi, Italia dan prancis.
Misal dari Mesir, ada bukti relief yang menggambarkan seperti orang bermain sepak bola. Di Inggris, ada pendapat yang mengatakansepak bola pada awalnya dimainkan dengan menendang tengkorak bangsa Viking yang telah menjajah mereka.

Sejarah Sepak Bola di Zaman Modren

Di zaman modren, sejarah sepak bola dikembangkan di Inggris dengan berdirinya The Football Association (FA). Pada abad ke-19, pemerintahan inggris mengakui bahwa sepak bola menyehatkan badan, sehingga banyak pelajar dan mahasiswa yang memainkannya dengan aturan aturan berbeda.

Salah satunya, aturan dibuat oleh Cambridge University. Aturan itu misalnya sepak bole boleh menggunakan tangan dan kaki. Namun aturan itu dinilai tidak sesuai dengan keinginan masyarakat sipil. Justru itu kemudian di adaptasi untuk permainan rugby.

Pada tahun 1863, terbentuklah The Football Association sebagai badan resmi yang mengatur tentang sepak bola di Inggris. Anggota FA ini kebanyakan dari masyarakat sipil. Dengan berdirinya FA, maka aturan tentang sepak bolah sudah seragam.

Evolusi Sepak Bola

Selain sejarah sepak bola kuno dan modren yang telah kita bahas di atas, masih ada pendapat lain mengenai evolusi sepak bola. Dilansir backyardekick.com, pemain sepak bola berasal dari folk football atau ‘sepak bola rakyat’ pada abad ke-9 di Inggris.

Para pemain menendang kandung kemih babi dari satu tempat ke tempat lainhingga ke area lawan atau ke gawang lawan. Pertandingan yang di gelar di jalanan itu sering kali menjadi brutal sehingga terjadi banyak kerusakan, orang terluka bahkan sampai meninggal dunia.

Sepak bola sempat di larang pemerintahan Inggris pada abad ke-9, sepak bola di Inggris mulai diatur oleh lembaga resmi sehingga dapat aturan yang seragam.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*